Suatu teknik/cara yang digunakan untuk menyatakan/menggambarkan dan menyimpan record-record dalam sebuah berkas.
Ada 4 teknik dasar organisasi berkas, yaitu:
1. Sequential File
2. Relative File
3. Index Sequential File
4. Multi-Key File
Secara umum keempat teknik dasar tersebut berbeda dalam cara pengaksesannya, yaitu:
• Direct Access
Suatu cara pengaksesan record yang langsung tanpa mengakses seluruh record yang ada.
Contoh: Magnetic Disk, CD
• Sequential Access
Suatu cara pengaksesan record, yang didahului pengaksesan record-record didepannya.
Contoh: Magnetic Tape, Punch Card
Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses pemilihan organisasi berkas, yaitu:
- Karakteristik dari media penyimpanan yang digunakan.
- Volume dan frekuensi dari transaksi yang diproses
- Respon time yang diperlukan
OPERASI BERKAS
Cara memilih organisasi berkas tidak terlepas dari 2 aspek utama, yaitu:
1. Model penggunaannya ada 2 cara, yaitu:
- Batch Processing
Suatu proses yang dilakukan secara group atau kelompok.
- Interactive Processing
Suatu proses yang dilakukan secara satu persatu, yaitu record
demi record.
2. Menurut model operasi file ada 4 cara, yaitu:
• Creation
Membuat struktur file lebih terdahulu, lalu menentukan banyak record baru kemudian record-record tersebut dimuat kedalam file tersebut atau membuat file dengan cara merekam record demi record.
• Update
Untuk menjaga agar file tetap up to date
- Insert / Add
- Modification
- Deletion
• Retrieval
Pengaksesan sebuah file dengan tujuan untuk mendapatkan
informasi.
- Inquiry
Volume data rendah, model proses interactive
- Report Generation
Volume data tinggi, model proses batch
File retrieval dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Comprehensive Retrieval
Mendapatkan informasi dari semua record dalam sebuah file.
Contoh:
Display all
List nama, alamat
2. Selective Retrieval
Mendapatkan informasi dari record-record tertentu berdasarkan persyaratan tertentu
Contoh:
List for Gaji = 1000000
List NPM,Nama,Alamat for angkatan = 99
• Maintenance
Perubahan yang dibuat terhadap file dengan tujuan memperbaiki
penampilan program dalam mengakses file tersebut.
- Restructuring: perubahan struktur file
Contoh:
Panjang field diubah
Penambahan field baru
Panjang record diubah
- Reorganization: perubahan organisasi file dari organisasi
yang satu, menjadi organisasi file yang lain.
Contoh:
organisasi sequential file menjadi indexed sequential
organisasi direct file menjadi sequential file
Secara umum dapat disimpulkan, bahwa:
- Master file dan program file, kita dapat melakukan created, updated, retrieved from dan maintained.
- Workfile, kita dapat melakukan created, updated dan retrieved from, tetapi tidak dapat kita maintained.
- Report file umumnya tidak di updated, retrieved from atau maintained.
- Transaction file, umumnya hanya dapat di create dan digunakan untuk sekali proses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar