LINK

LINK
GUNADARMA

Kamis, 10 Maret 2011

HTML VS HTTP

Saat kita menggunakan internet sering kali kita mendengar istilah HTTP. HTTP ini memiliki kaitan dengan HTML. HTTP merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer dokumen – dokumen web yang ditulis atau berformat HTML (Hypertext Markup Language)

Dikatakan Markup Language karena HTML berfungsi untuk memformat file dokumen teks biasa untuk bisa ditampilkan pada web browser sesuai keinginan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan elemen atau sering disebut sebagai tag-tag.
Elemen HTML biasanya berupa tag-tag yang berpasangan dan setiap tag ditandai dengan simbol . pasangan dari sebuah tag ditandai dengan tanda '/'. misalnya pasangan dari tag adalah . Dalam hal ini disebut sebagai elemen dan biasanya dalam suaru elemen terdapat atribut-atribut untuk mengatur elemen itu. Jadi misalnya bila ditulis dengan atribut adalah sebagai berikut :

. Dalam penulisan HTML tidaklah case sensitive artinya penggunaan huruf kecil atau kapital tidaklah masalah.

Struktur Dasar HTML.
Berikut adalah struktur atau cara penulisan secara dasar dari HTML. Anda bisa menggunakan teks editor semacam notepad atau teks editor lainnya. Tentunya setelah anda menuliskan skrip berikut, anda harus menyimpan file tersebut ke dalam format .htm atau .html
Setiap dokumen HTML memiliki struktur dasar atau susunan file sebagai berikut

Berisi tentang segala sesuatu yang ingin ditampilkan ke dalam halaman web

dalam struktur di atas tedapat dua bagian yang menjadi bagian utama
pertama adalah bagian yang diapit oleh tag HEAD. Pada bagian ini segala sesuatu yang dituliskan diantara tag HEAD tidak akan ditampilkan ke dalam jendela browser. Yang bisa dituliskan diantara tag HEAD antralain tag TITLE yang merupakan judul dari halamn web tersebut, tag META yang merupakan keterangan-keterangan atau informasi tambahan dari sebuah halaman web, tag LINK yang berisikan alamat dokumen eksternal yang dijadikan sumber kode (source code) yang digunakan dalam halaman web kita.
Bagian kedua adalah bagian yang diapit oleh tag BODY. Pada bagian ini semua yang tertulis diantaranya akan ditampilkan dalam jendela browse



bersumber dari :
http://tifecommunity.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar