LINK

LINK
GUNADARMA

Selasa, 28 Desember 2010

Peluang kerja dibidang Teknologi Informasi, Internet dan Intranet.

Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memeroses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Di era globalisasi, teknologi informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global. Di era globalisasi, tidak menguasai teknologi informasi identik dengan buta huruf.
Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta penerapannya di berbagai bidang, telah membuka peluang kerja cukup besar bagi profesional di bidang tersebut. Mereka dapat bekerja di perusahaan, instansi pemerintah, maupun dunia pendidikan. peluang kerja di luar negeri juga cukup besar dan banyak, khususnya peluang kerja di bidang teknologi informasi. Sebagai gambaran bahwa kebutuhan terhadap tenaga IT di bidang industri software baik di luar negeri maupun di dalam negeri adalah sebagai berikut : tenaga IT di luar negeri untuk tahun 2015 diperkirakan 3,3 juta lapangan kerja. Sedangkan tenaga IT domestik, berdasarkan proyeksi pertumbuhan industri pada tahun 2010 target produksi 8.195.33 US $ dengan asumsi produktifitas 25.000 perorang. Sehingga dibutuhkan tenaga kerja sekitar 327.813 orang. Tenaga IT dapat berpeluang kerja dengan membuka warung internet.
Prospek lulusan TI dapat didukung penerapan Teknologi Informasi untuk saat ini dan dimasa yang aka datang tetap mendapat perhatian yang khusus dari segi manapun, karena bersifat strategis bagi perkembangan bangsa dan negara. Dua aspek penting dalam perkembangan bisnis yang berhubungan dengan Teknologi Informasi yitu SDM dan infrastrukturnya. Dan saat ini, sebagian besar perusahaan di Indonesia masih menggunakan paket perangkat lunak aplikasi siap pakai yang dibuat oleh perusahaan besar seperti Microsoft, Mac, Oracle, dan
lain-lain. Namun demikian peluang untuk mengembangkannya masih terbuka lebar, karena 100 produk perangakat lunak terbaik hanya mengisi tidak lebih dari 45% total pasar dunia. Kenyataan inilah yang memacu negara seperti India, Malaysia, Filipina, Thailand dan lain-lain menyediakan jasanya baik dalam bentuk pembuatan aplikasi siap pakai maupun yang bersifat jasa pelayanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar